What Doesn’t Kill You

Diangkat dari kisah nyata Brian Goodman yang merupakan sutradara, penulis merangkap aktor pendukung filmnya sendiri, What Doesn’t Kill You menuturkan seorang pria asal South Boston yang menghabiskan waktunya di penjara sebelum terjun ke dunia perfilman Hollywood. Kisahnya dibuka dengan kasus perampokan sebuah bank dan dilanjutkan dengan flashback tentang siapa pelakunya serta apa motifnya. Brian (Mark Ruffalo) dan Paulie (Ethan Hawke) adalah 2 sahabat yang tumbuh besar sebagai kriminal. Mereka bergabung sebagai kaki tangan bos Pat Kelly (Brian Goodman) yang serakah.

Brian sebenarnya berniat menjadi ayah yang baik bagi istri (Amanda Peet) dan kedua anaknya. Namun apa daya, yang namanya kriminal hidupnya tak jauh dari perbuatan kotor. Brian malah mengecewakan sang istri akibat ketergantungan narkoba dan alkohol. Sampai suatu saat Paulie membuat rencana meraup uang sebanyak-banyaknya lewat perampokan atas perintah bos-nya.

Sialnya mereka tertangkap dan segera dipenjara. Brian bermaksud insyaf selepasnya dari penjara, akan tetapi ia merasa berhutang budi pada Paulie yang berusaha lebih dulu melepaskannya dari penjara.

Deadfull-O-Meter: 7/10
Why?

Naskah yang ingin dikemukan dalam film ini sebenarnya bisa sangat menjanjikan. Apalagi diangkat dari kejadian nyata seorang mantan penjahat yang beruntung kini bisa memfilmkannya sendiri kisah kehidupannya. Sayangnya Brian Goodman yang mengawali karirnya sebagai aktor untuk film-film arahan sineas Ted Demme dan Rod Lurie, perlu lebih banyak belajar soal mengarahkan film. Drama kriminal debut karya Brian yang dibantu Donnie Wahlberg ini terasa sekali kekurangan energi padahal Mark Ruffalo dan Ethan Hawke sudah berusaha tampil maksimal. 

No Action without Consequences
Kelemahan di sisi alur menuju penyelesaian akhir membuatnya menjadi tontonan yang membosankan. Padahal drama kriminal berbujet kecil lain semisal Gone Baby Gone atau yang juga diperankan oleh Ethan Hawke, Before the Devils Knows You’re Dead telah membuktikan efektivitasnya melebihi kualitas film bergenre sama dengan bujet lebih besar. 

This is His Life
Pun demikian kekurangan ini tak menjadi masalah besar bagi seorang debutan seperti Brian Goodman. Mantan residivis tersebut bisa saja bertahan di belantara Hollywood asalkan ia mendapat proyek tulisan orang lain yang lebih menjanjikan.


Sutradara: Brian Goodman
Penulis: Brian Goodman, Paul T. Murray, Donnie Wahlberg
Cast: Mark Ruffalo, Ethan Hawke, Amanda Peet, Brian Goodman, Donnie Wahlberg, Will Lyman
Studio: Yari Film
Rilis: 12 Desember 2008
Durasi: 100 Menit

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: