Road To Perdition

Mike Sullivan sebagai seorang pembunuh bayaran bekerja untuk bos kriminal Kohn Rooney. Sullivan mengganggap Rooney sebagai figur ayah baginya. Namun setelah anaknya menjadi saksi atas pembunuhan yang dilakukan Rooney, Mike Sullivan menjadi kejaran bos-nya tersebut saat ia berusaha menyelamatkan hidup sang anak sekaligus demi membalas dendam atas tewasnya sang istri. Jude Law yang terkenal sebagai pembunuh bayaran, ditugasi Rooney untuk membunuh Sullivan beserta anaknya.

Michael Sullivan Sr, adalah seorang pelaksana tugas dari John Rooney, Bos kriminal di Illinois selama Depresi Besar terjadi. Sullivan, seorang yatim piatu yang diadopsi oleh Rooney, bekerja untuk bosnya hampir sepanjang hidupnya. Sullivan dan anak Rooney, Connor, dikirim oleh Rooney untuk menemui Finn McGovern, karyawan yang tidak puas terhadap bosnya. Anak Sullivan, Michael Sullivan, Jr, ternyata diam-diam ikut dalam mobil ayahnya, mencoba untuk mempelajari lebih lanjut tentang profesi misterius sang ayah. Ia menyaksikan pembunuhan McGovern yang dilakukan Connor. Sang anak ditemukan oleh Connor dan ayahnya. Meskipun Sullivan Sr bersumpah bahwa anaknya tidak akan berkata kepada siapapun, Connor mencoba untuk memastikan sendiri demi melindunginya dengan mencoba membunuh Sullivan Sr. Connor membunuh istri Sullivan, Annie, dan anak bungsunya, Peter; Sullivan Sr dan anaknya, Michael Sullivan Jr, melarikan diri ke Chicago.

Gangs-O-Meter: 8/10
Why?

Film yang diadaptasi dari novel komik oleh Max Allan Collins dengan ilustrasi oleh Richard Piers Rayner. Road to Perdition adalah film yang luar biasa, baik secara visual maupun karakter yang ada didalamnya. Setiap aktor yang bermain pantas untuk mendapatkan penghargaan dan perhatian penggiat film dunia, terutama Jude Law.  Sebuah kisah tragis, penggabungan antara penghianatan, cinta, hubungan antara manusia dan balas dendam. Semua emosi tercampur didalamnya. Tidak ada keraguan dari film ini bahwa film ini akan menjadi sangat klasik dan akan terus diingat. Jangan membandingkannya dengan film Godfather. karena ini bukan film tentang Mafia namun ini adalah film tentang Gangster.

Kill the man who murdered my family
Dan, seperti hampir setiap film bertemakan mafia, yang satu ini berkaitan dengan tema keluarga, loyalitas, dan pengkhianatan, meskipun tidak "sebesar" The Godfather dan Goodfellas.  Kemahiran Mendes dalam mengatur tempo film tidak terburu-buru membuat saya terlibat dalam jalan ceritanya. Meskipun saya tidak menangis selama film itu berlangsung, tapi saya menghargai kompleksitas hubungan antara karakter, dan bagaimana hal mengenai loyalitas dalam sebuah keluarga memiliki nilai lebih.


Sutradara : Sam Mendes
Penulis: Max Allan Collins
Cast: Tom Hanks, Paul Newman, Jude Law, Daniel Craig
Produksi: DreamWorks SKG, Twentieth Century Fox Film Corporation, Zanuck Company,, Regency Enterprises
Rilis: Juli 2002
Durasi: 117 Menit

1 komentar:

  1. apa ada lagi referensi film yg seperti ini? q udah berkali2 nonton tetep aja bagus. barangkali ada opsi film yg bagus lagi mohon info di email. trims

    BalasHapus

Komentar Anda Mengenai Film Ini: