Crazy Stupid Love

Seorang pria berusia 40-tahunan, Cal Weaver (Steve Carell) hidup layaknya seperti sebuah mimpi. Memiliki pekerjaan yang baik, rumah mewah, anak-anak yang hebat dan menikahi kekasih sejak SMA-nya.

Namun malang nasib Cal ketika mengetahui bahwa istrinya, Emily (Julianne Moore), telah berselingkuh dan menginginkan bercerai, hidupnya yang "sempurna" dengan cepat memudar. Lebih buruk lagi, hidup sendirian(single) di dunia saat ini, Cal, yang tidak berkencan dalam beberapa tahun, mendapati dirinya sangat buruk untuk memulai kembali. Kini Cal menghabiskan waktu luangnya di malam hari dengan merajuk sendirian di sebuah bar.

Namun muncul seorang pria mapan usia 30-tahunan dan berpenampilan menarik yang mampu menaklukan wanita, bernama Jacob Palmer (Ryan Gosling) yang terus mengamati tingkah laku Cal yang sering membicarakan tentang masalah perceraiannya ke semua orang di bar tersebut selama dua hari berturut-turut.

Jacob melihat Cal dan memaksanya untuk menerima tawaran bantuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta penampilan Cal. Jacob menjelaskan bahwa ia membatu Cal karena ia teringat pada seseorang. Dalam upaya untuk membantu Cal memulai kembali hidupnya, Jacob membuka mata Cal dengan memberikan banyak pilihan menggoda di depannya: perempuan seksi serta cantik. Jacob memberikan nasihat jitu bagi Cal. Cal akhirnya mampu menaklukan para wanita yang ditemuinya layaknya keahlian sang mentor.


Namun seorang Jacob pun ternyata tidak mampu memluluhkan hati seorang wanita yang menarik perhatiannya. Hannah (Emma Stone) yang akan menjadi seorang pengacara sama sekali tidak terpesona oleh penampilan Jacob, ia justru sedang jatuh cinta kepada kekasihnya Richard (Josh Groban) dan memiliki harapan bahwa ia dilamar pada saat pesta perpisahannya. Namun akhirnya ia harus menelan kekecewaan mendalam karena Richard sama sekali tidak melamarnya dan mengatakan belum memikirkan soal hubungan yang lebih jauh.

Namun, bukan hanya Cal, Jacob dan Emily saja yang sedang dalam pencarian cintanya, anak Cal yang berusia 13-tahun, Robbie, tergila-gila kepada babysitter-nya, Jessica yang berusia 17 tahun, mencoba dengan segala cara layaknya seorang anak laki-laki yang baru pertama kali merasakan jatuh cinta tidak mampu membuat Jessica tertarik. Menariknya, Jessica justru malah menaksir Cal yang dinilainya sebagai sosok ayah yang luar biasa dalam menangani anak-anaknya.


Meskipun telah melakukan perombakan dalam hidupnya, Cal dengan perjalanan barunya sebagai penakluk wanita, tetap ada satu hal yang tidak bisa ia pungkiri adalah suara hatinya, yang tampaknya tetap menuntunnya kembali ke tempat ia memulai. Lalu bagaimana kelanjutan hidup Cal? Apakah Jacob mampu menaklukan Hannah? Serta kenapa Jacob mau membantu Cal?

Cra'pidlove-O-Meter: 8/10
Why?

Penulis yang menjadi Sutradara, duo John Requa dan Glenn Ficarra memiliki sejarah panjang menulis naskah bersama-sama, dan pada 2009 mereka pertama kalinya membuat langkah besar dengan mengarahkan film I Love You, Philip Morris, yang dibintangi Jim Carrey dan Ewan McGregor. Meski belum banyak film yang diproduksi mereka, namun kemampuan mereka memindahkan tulisan dari naskahnya Dan Fogellman yang pernah menulis untuk 2 film dari Pixar, Cars dan Cars2 bisa dinilai baik. Meski didalamnya terdapat banyak masalah disetiap tokohnya, tapi Crazy Stupid Love sama sekali tidak berubah menjadi rengekan layaknya He's Just Not That Into You. Mereka berhasil menampilkannya sangat lancar.



Kemudian patut diancungi jempol pula karena mereka berdua mampu mengajak Julianne Moore, Ryan Gosling, Emma Stone, Kevin Bacon, Marisa Tomei hingga Josh Groban untuk ikut proyek Steve Carell ini. Bukan hal mudah tentunya untuk tetap menjaga film drama ini tidak keluar dari jalur tema cinta sementara genre yang ditawarkan adalah drama romantis komedi. 

Sengaja saya tidak menjelaskan lebih jauh kelanjutan film ini karena anda akan menemukan jawabannya pada 30 menit terakhir film ini. Banyak hal yang akan membuat anda semua tersenyum-kalau tidak ingin dibilang tertawa- pada adegan-adegan yang akan terjadi. Tidak ada kekonyolan dari Steve yang biasanya anda saksikan dalam film terdahulunya atau adegan Ryan Gosling dalam Blue Valentine, Film ini sangat menarik dan anda tidak akan menyesal setelah menonton-nya. It's 100% Crazy, 100% Stupid and 100% Love.

Oh iya satu lagi, ada sebuah lagu latar yang sangat pas dalam adegan dimana mereka semua merasa "jatuh" dalam masalah masing-masing berjudul Revenge yang dibawakan oleh Danger Mouse & Sparklehorse. Well, I loved that song and scene!!

Studio: Warner Bros. Pictures
Sutradara: Glenn Ficarra, John Requa
Penulis: Dan Fogelman
Cast: Steve Carell, Ryan Gosling, Emma Stone, Julianne Moore, Marisa Tomei, Kevin Bacon, John Carroll Lynch, Jonah Bobo, Analeigh Tipton, Josh Groban, Liza Lapira, Joey King
Rilis: Juli 29, 2011

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: