Ratatouille

Film animasi ini menceritakan impian Remy, seekor tikus yang memiliki cita-cita ingin menjadi juru masak. Sejak awal, tikus yang satu ini memang unik, selalu tertarik terhadap masakan. Seperti manusia yang jatuh hati pada dunia memasak, ia juga antusias terhadap acara di televisi yang menayangkan demo memasak. Juga, membaca buku tentang masakan.
Suatu hari, ia menyadari bahwa "rasa" itu unik. Satu dengan yang lainnya berbeda. Namun perpaduan antara rasa-rasa itu dapat menambah kelezatan sebuah makanan.

Tetapi nasib apes sebagai seekor tikus, sang manusia tidak rela akan kehadirannya. Tikus yang identik dengan kotoran itu selalu menjadi musuh. Ia berusaha menyelamatkan diri. dari kejaran manusia yang ingin membunuhnya. Tidak hanya dirinya malah, seluruh keluarga akhirnya terusir dari rumah seseorang dan melarikan diri dengan menaiki 'perahu'. Di lorong sungai, tikus hitam itu berpisah dengan keluarganya. Ia terdampar pada suatu tempat yang asing. Hanya buku memasak yang ia curi dari manisia yang menemainya. Yang aneh, buku yang...
memuat gambar seorang koki terkenal itu dapat berbicara dengannya. "Lihatlah di sekitar," saran sang koki. Akhirnya, ia mengikuti saran itu. "Ini adalah kota Paris," ia dapat melihat menara Eiffel. Sebuah restoran megah berada di depannya –restoran yang membuatnya kagum: Gusteau's Restorant.

Di balik jendela, ia melihat seseorang pemuda yang baru saja melamar pekerjaan sebagai pembantu juru masak di sana. Si pemuda itu terlihat bodoh dan tidak pandai dalam urusan rasa. Ia berusaha memperbaiki apa yang telah pemuda itu lakukan. Ia berjuang untuk menyelamatkan rasa sup itu walau dengan usaha yang keras. Tikus itu kemudian menunjukkan kalau dirinya bisa memasak.

Suatu ketika, di saat si tikus itu hilang dari pemuda, sang pemilik restoran itu dihadapkan situasi sulit. Ada seorang pengkritik makanan menantangnya untuk membuat masakan khusus –dan ia tidak tahu makanan apakah yang dipesan itu, apalagi dengan perginya sang tikus pemasak. Bagaimanakah kisah kelanjutannya? Tikus itu akhirnya kembali. Sang penikmat makanan itu memuji masakannya pada sebuah review di surat kabar. Si tikus telah menyelamatkan nama besar restoran.

Rat-O-Meter: 9/10
Why?

Film animasi terbaik -menurut saya- hingga kini. Lebih dari sekedar seni, pada intinya, Ratatouille adalah pesan indah untuk anak-anak tentang kasih sayang dan tekad. Remy didedikasikan untuk meningkatkan kehidupan ayah dan saudaranya dengan menyediakan makanan lebih baik dan tempat tinggal. Dengan membiarkan Linguini mengambil semua pujian untuk kreasi kuliner nya, Remy menunjukkan ketidakegoisannya yang mendefinisikan persahabatan sejati. Dan dalam banyak hal, perjalanan terjal Remy untuk mencapai tujuan (dan tidak mungkin) mustahil membuktikan bahwa bahkan terberat mimpi bisa menjadi kenyataan.

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: