Profil: Meg Ryan

Margaret Mary Emily Anne Hyra lahir November 19, 1961, dikenal sebagai Meg Ryan, adalah seorang aktris dan produser. Dibesarkan di Fairfield, Connecticut, Ryan memulai karirnya pada tahun 1981 bertindak dalam sebuah peran kecil, sebelum bergabung dengan para pemeran opera sabun CBS As the World Turns pada tahun 1982. Selanjutnya, ia mulai muncul dalam mendukung peran dalam film layar lebar selama pertengahan 1980-an, mendapatkan perhatian dalam beberapa film independen seperti Promised Land (1987), sebelum penampilannya dalam komedi romantis arahan Rob Reiner When Harry Met Sally (1989) membawa perhatian luas dan nominasi pertama Golden Globe.

Pada 1990-an, Ryan membintangi serangkaian drama romantis dan komedi, termasuk Sleepless in Seattle (1993), France Kiss (1995), Addicted to Love (1997), City of Angels (1998), dan You've Got Mail (1998. Di samping peran-peran komedi romantis, ia mengumpulkan penghargaan untuk karyanya di When a Man Loves a Woman (1994), di mana dia memainkan peran alkoholik, dan Courage Under Fire (1996), menggambarkan seorang kapten dalam Perang Teluk.

Karir
Setelah peran dalam Rich and Famous, berlanjut Daytime Drama, As the World Turns, Amityville 3-D dan Promised Land, untuk perannya dalam terakhir ini dia menerima nominasi pertamanya di Independent Spirit Award. Hit pertamanya dalam peran utama adalah dalam komedi romantis When Harry Met Sally (1989), yang dipasangkan dengan komedian Billy Crystal. Peran Sally Albright, memperoleh nominasi Golden Globe. Ryan kemudian membintangi dalam The Doors dan Prelude to a Kiss. Kedua film tersebut cukup berhasil. Pada 1993, merilis komedi romantis yang sangat sukses Sleepless in Seattle, yang dipasangkan dengan Tom Hanks.

Awal tahun 1994, Ryan melakukan beberapa upaya untuk melepaskan diri dari stereotipe wanita komedi romantis Dalam film arahan Luis Mandoki, When a Man Loves a Woman (1994), sebuah film drama romantis sosial, juga dibintangi Andy Garcia. Diterima dengan baik oleh kritikus, Sedangkan film tersebut menjadi sukses terkenal dan mendapat pendapatan US50 juta di Amerika Serikat saja, aktris pertama menerima nominasi Screen Actors Guild Award tahun berikutnya Pada tahun yang sama, Ryan bersama Tim Robbins di film fiksi komedi karya Fred Schepisi, I.Q. (1994). Inti cerita berpusat pada seorang mekanik dan seorang kandidat doktor Princeton yang jatuh cinta.

Banyak film nya tahun 1990-an menjadi hits tidak hanya di Amerika Utara, tetapi juga di dunia. Pada tahun 1994, Ryan memenangkan Harvard Hasty Pudding Woman of the Year. Pada tahun yang sama, People Magazine menjulukinya salah satu dari "50 orang yang paling cantik di dunia." Pada tahun yang sama, ia muncul bersama Kevin Kline dalam film France Kiss, komedi romantis arahan Lawrence Kasdan. Film ini meraup sedikitnya $100 juta. Juga pada tahun 1995, Ryan dianugerahi Penghargaan Women in Film Crystal Award, penghargaan bagi perempuan luar biasa yang, mampu bertahan dan unggul atas pekerjaan mereka, telah membantu memperluas peran perempuan dalam industri hiburan.

Pada tahun 1997, Ryan menyuarakan peran utama dalam film animasi Anastasia, yang mendapatkan pujian dan kesuksesan box office. Pada tahun 1998, Ryan membintangi dua film. City of Angels sukses hampir $ 200 juta di seluruh dunia. Dalam You've Got Mail Ryan sekali lagi dipasangkan dengan Hanks, mendapatkan nominasi ketiganya dalam Golden Globe dan membuat lebih dari $250 juta di seluruh dunia. Dia juga muncul di Hurlyburly 1(998) dengan Sean Penn.

2000-2006
Film pertama di tahun 2000-an adalah Hanging Up, sebuah dramedi dibintangi Diane Keaton, Lisa Kudrow, dan Walter Matthau, film adaptasi tahun 1995 dari novel Delia Efron. Pada tahun yang sama, Ryan dilmasukan dalam aksi thriller Proof of Life bersama Russell Crowe, disutradarai oleh Taylor Hackford. Dalam film itu, ia digambarkan sebagai istri dari seorang insinyur yang diculik, dimainkan oleh David Morse.

Setahun kemudian, ia sekali lagi kembali ke akar nya yaitu komedi romantis dengan Kate & Leopold (2001), bersama Hugh Jackman. Sebuah proyek film James Mangold tentang seorang pangeran yang melakukan perjalanan waktu dari New York pada tahun 1876 ke masa kini dan jatuh cinta dengan seorang peneliti yang berhasil di New York yang menerima beragam respon.

Pada tahun 2003, Ryan mencoba peran yang tidak biasa, dibintangi bersama Mark Ruffalo dan Jennifer Jason Leigh dalam film thriller erotis arahan Jane Campion, In the Cut. Awalnya, co-produser Nicole Kidman dipasang sebgai pemeran utama, tetapi aktris ini akhirnya keluar dari proyek selama lima tahun tersebut. sehingga peran tersebut dialihkan kepada Ryan. Ryan kembali melakukan seperti sebelumnya dengan peran utama sebagai Jackie Kallen dalam film Charles S. Dutton, Against the Ropes (2004). Sebuah drama fiksi olahraga tentang tinju, yang adalah wanita pertama yang menjadi sukses dalam olahraga, dan hubungan berbatu-nya dengan anak didik Luther Shaw.

2007-sekarang
Setelah cuti selama tahun tiga, Ryan kembali pada 2007 dengan proyek independen Jon Kasdan In the Land of Women, sebuah film dia digambarkan sebagai "jenis seperti The Graduate, namun dengan penyakit kanker." Dibintangi Kristen Stewart dan Olympia Dukakis, dia memainkan peran Sarah Hardwicke, seorang ibu dan istri yang menghadapi kanker payudara, yang memiliki hubungan dengan cucu tetangganya yang jauh lebih muda, diperankan oleh Adam Brody. Film ini meraup $17,5 juta di seluruh dunia melebihi anggaran sebesar $10 juta. Ryan mendapat respon positif dari Kenneth Turan wartawan Los Angeles Times untuk penampilannya, mengatakan "the best work [she] has done in forever.”

film pertama rilis tahun 2008 adalah The Deal, sebuah film komedi satir yang didasarkan novel pada tahun 1991 karya Peter Lefcourt dengan judul yang sama. Disutradarai oleh Steven Schachter dan dibintangi William H. Macy, film tersebut syuting di Cape Town dan lokasi lainnya di Afrika Selatan.

Proyek film lain Ryan, film George Gallo My Mom’s New Boyfriend, dibintangi Colin Hanks (anak Tom Hanks), Selma Blair, dan Antonio Banderas, komedi action yang dikritik. David Nusair dari Reel Film menulis "an unmitigated disaster virtually from its opening frames” (petaka hampir sejak frame awal). Proyek terakhir Ryan tahun 2008 adalah The Women, sebuah remake dari produksi 1939 yang berjudul sama, di mana dia muncul di antara banyak perempuan yang terdiri dari Annette Bening, Debra Messing dan Jada Pinkett Smith. Diproduksi, ditulis dan disutradarai oleh Diane English, inti cerita film ini pada sekelompok empat sosialita kota Manhattan wanita penuh gosip, dengan Ryan menggambarkan seorang wanita kaya yang suaminya selingkuh dari dirinya dengan seorang gadis, yang diperankan oleh Eva Mendes.

Pada tahun 2009, Ryan membintangi bersama Kristen Bell dan Justin Long dalam film komedi independen Serius Moonlight. Dalam film ini, disutradarai oleh aktris Cheryl Hines dan berdasarkan skenario dengan akhir penulis Adrienne Shelly, yang dibunuh setahun sebelum syuting, Ryan berperan sebagai seorang pengacara yang mengetahui bahwa suaminya, dimainkan oleh Timothy Hutton, akan meninggalkan pernikahan bermasalah mereka, dan memutuskan untuk menahannya di dalam toilet. Juga pada tahun 2009, Ryan-bintang tamu pada serial tv untuk season tujuh Curb Your Enthusiasm.

Pada bulan April 2011, terungkap bahwa Meg Ryan akan membuat film debut sebagai sutradara dengan film berjudul Into Beautiful


Kehidupan pribadi 
Ryan menikah dengan aktor Dennis Quaid pada Hari Valentine 1991, setelah membintangi dua film dengan dia Ryan setuju untuk menikah. Quaid dan Ryan memiliki satu anak, Jack Henry, lahir pada tanggal 24 April 1992. Pada tahun 2000, ia terlibat cinta lokasi dengan Russell Crowe saat film Prooof Life. Dia dan Quaid pisah kemudian cerai pada tanggal 16 Juli 2001. Pada bulan September 2008, Ryan mengungkapkan Quaid telah setia padanya untuk waktu yang lama saat mereka menikah. Pada bulan Januari 2006, Ryan mengadopsi seorang gadis 14-bulan dari Cina bernama Daisy True. Dia sedang menjalani hubungan dengan penulis lagu sekaligus penyanyi rock Amerika, John Mellencamp

Filmography
  •  Sleepless Beauty (2011) – Katrinka
  • Admissions (2011) – Edith
  • Serious Moonlight (2009) – Louise
  • The Deal (2009) – Deidre Hearn
  • The Women (2008) – Mary Haines
  • My Mom’s New Boyfriend (2008) – Marty Durand
  • In the Land of Women (2007) – Sarah Hardwicke
  • Against the Ropes (2004) – Jackie Kallen
  • In the Cut (2003) – Frannie Thorstin
  • Kate & Leopold (2001) – Kate McKay
  • Hanging Up (2000) – Eve Marks 
  • Proof of Life (2000) – Alice Bowman
  • City of Angels (1998) – Dr Maggie Rice
  • Hurlyburly (1998) – Bonnie
  • You’ve Got Mail (1998) – Kathleen Kelly
  • Addicted to Love (1997) – Maggie
  • Anastasia (1997) – Voice of of Anastasia
  • Courage Under Fire (1996) – Karen Walden
  • French Kiss (1995) – Kate
  • Restoration (1995) – Katherine
  • I.Q. (1994) – Catherine Boyd
  • When A Man Loves A Woman (1994) – Alice Green
  • Flesh and Bone (1993) – Kay Davies
  • Sleepless in Seattle (1993) – Annie Reed
  • Prelude to a Kiss (1992) – Rita Boyle
  • The Doors (1991) – Pamela Courson
  • Joe Versus the Volcano (1990) – Angelica/ DeDe/ Patricia
  • When Harry Met Sally (1989) – Sally Albright
  • D.O.A. (1988) – Sydney Fuller
  • Promised Land (1988) – Bev
  • The Presidio (1988) – Donna Caldwell
  • Innerspace (1987) – Lydia Maxwell
  • Armed and Dangerous (1986) – Maggie Cavanaugh
  • Top Gun (1986) – Carole
  • Amityville 3-D (1983) – Lisa
  • Rich and Famous (1981) – Debby
 

Sumber: Istimewa 

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: