Profil: Carey Mulligan

Carey Hannah Mulligan lahir di Inggris pada 28 Mei 1985. Dia menghabiskan delapan tahun pertamanya hidup di Jerman, tapi kemudian pindah kembali ke negara asalnya, di mana dia sekarang tinggal di Covent Garden, London. Dia pertama kali tertarik pada akting ketika dia di sekolah, saat berusia enam tahun ia tidak diizinkan untuk bergabung dengan kakaknya di sebuah drama sekolah The King and I, meski dia akhirnya diperbolehkan dalam bagian pertengahan. Sepuluh tahun kemudian, pada usia enam belas di Woldingham School di Surrey dia pergi menemui Kenneth Branagh dalam produksi nya Henry V. Dia begitu terinspirasi oleh penampilannya hingga ia menulis surat kepadanya untuk meminta nasihat. 

"Saya menjelaskan (dalam surat tersebut) bahwa orang tua saya tidak ingin aku berakting, tapi aku merasa itu adalah panggilan hidup saya," katanya. Dia masih memiliki surat balasan dari kakak Branagh yang mengatakan, 'Kenneth mengatakan bahwa jika Anda merasa seperti kebutuhan yang kuat untuk menjadi seorang aktris, Anda harus menjadi seorang aktris."

Beberapa minggu setelah surat itu, Carey menerima panggilan telepon dari istri Julian Fellowes, Emma, mengundang dia untuk makan malam saat mereka mencari calon aktris yang masih muda. Di sinilah mimpi yang sebenarnya mulai terwujud, dan ia diajukan oleh mentor barunya itu untuk berperan dalam produksi Joe Wright dalam Pride and Prejudice, di mana dia berhasil memenangkan peran Kitty Bennett.


Dia kemudian menjadi bintang di beberapa drama televisi sukses, seperti Bleak House, Northanger Abbey, The Amazing Mrs Pritchard dan Doctor Who.. Sementara itu Namun, Carey telah mengambil minat dalam panggung, dan telah memenangkan pengakuan yang luas di pertunjukan-nya, terutama dalam produksi Royal Court The Seagull, di mana ia membintangi bersama Kristin Scott-Thomas. Di tengah perjalanan dia sakit usus buntu, dan diberitahu untuk menghabiskan tiga sampai enam minggu untuk bisa pulih. Satu minggu kemudian, ia kembali di atas panggung.

Carey lahir di Westminster, London, Inggris Ayahnya, Stephen, berasal dari Liverpool, Dan ibunya, Nano, seorang dosen perguruan tinggi, datang dari Llandeilo, Wales Barat. Mulligan memiliki satu saudara seorang kakak. Pada usia 3 tahun, dia pindah bersama keluarganya dari Inggris ke Jerman setelah ayahnya mendapatkan pekerjaan sebagai pengelola Intercontinental Hotel wilayah Eropa. Karena pekerjaan ayahnya, keluarganya tinggal di hotel mahal selama 8 tahun. Dia sangat pemalu selama masa kecilnya dan tomboy sampai umur 15. Dia juga cukup cerdas dan sangat berpendidikan sampai usia 14, setelah kemudian menjadi lebih tertarik dalam bidang akting.

Minatnya dalam akting dipicu saat menonton kakaknya tampil di sebuah produksi sekolah The King and I (dia kemudian berpartisipasi dalam drama di sekolahnya) dan bermain di Broadway sebagai seorang remaja. Sebelum berakting secara profesional, ia diam-diam melamar dan telah ditolak oleh tiga sekolah drama. Setelah gagal audisi, penolakan tersebut membuat ia bertanya, “apakah akan mengejar karir akting?”

Selain penolakan tersebut, dia juga mempertanyakan menjadi seorang aktris karena penolakan orang tuanya mengejar pekerjaan di dunia hiburan. Mereka bersikeras dia masuk universitas dan percaya keinginan Mulligan itu hanya sesaat. Pada saat itu, dia memiliki pekerjaan sebagai pelayan bar di sebuah pub lokal. Ia kemudian mengatakan bahwa pengalaman-pengalaman negatif tersebut memiliki dampak positif pada dirinya karena membuatnya tahu betapa ia ingin berakting.

Karir
Pada usia 18, pada tahun 2004, Mulligan memulai karir aktingnya dengan memenangkan peran Kitty Bennett dalam Pride & Prejudice, periode tahun 2005 bagian film adaptasi dari novel Jane Austen. Dia menerima peran dengan bantuan dari kepala sekolahnya, setelah Mulligan menulis padanya menjelaskan bahwa dia tidak ingin pergi ke universitas dan meminta bantuan untuk mendapatkan kontak dengan aktor Julian Fellowes. Setelah dia bertemu Fellowes, ia memperkenalkannya kepada seorang agen casting yang sedang mencari untuk dimasukkan dalam sebuah film. 


Pride & Prejudice

Brothers
Belakangan diketahui tahun itu, dia muncul dalam film adaptasi dari Charles Dickens Bleak House, sebagai anak yatim, Ada Clare. Di pertengahan tahun 2007 ia juga mendaptkan proyek film My Boy Jack, dibintangi oleh Daniel Radcliffe sebagai peran pendukung. Mulligan mendapat peran sebagai Elsie, yang habis-habisan menentang kakaknya pergi berperang. Ia memperoleh Penghargaan Constellation Award saat bermain sebagai tokoh utama Sally Sparrow dalam sebuah episode dari Doctor Who

My Boy Jack
Agatha Christie Marple: The Sittaford Mystery
Northhanger Abbey
Pada 2007 ia tampil dalam sebuah film, The Seagull, di mana dia bermain sebagai Nina bersama Kristin Scott Thomas sebagai Arkadina dan Chiwetel Ejiofor sebagai Trigorin. The Daily Telegraph mengatakan penampilannya "cukup luar biasa bersinar". Untuk kinerja dalam debut pertamanya dalam Broadway The Seagull, ia dinominasikan dalam Desk Drama Award, namun kalah dari Angela Lansbury. Pada usia 22 tahun tepatnya 2009, dia telah mendapat peran utama pertamanya sebagai gadis 16 tahun bernama Jenny.

And When You Did last See Your Father
An Education
Sebuah drama, An Education yang mendapat sambutan hangat dan berhasil mendapatkan pendapatan $26 juta dari anggaran awal $7.5 juta di box office. Ia menerima pujian untuk penampilannya. Lisa Schwarzbaum dari Entertainment Weekly dan Todd McCarthy dari Variety menyamakan penampilannya dengan Audrey Hepburn. Hasilnya, ia mengumpulkan nominasi Golden Globe, Academy Award dan Screen Actors Guild Awards, serta menerima British Film Academy Award. Mulligan juga menerima penghargaan Shooting Stars Award dari Berlin International Film Festival tahun 2009 dan menerima nominasi BAFTA Rising Star Award, yang dipilih oleh publik Inggris.


Public Enemies
The Greatest
Setelah sukses dengan An Education, ia selanjutnya membintangi The Greatest (2010) sebagai pacar yang hamil dari seorang anak yang telah meninggal.. Keterlibatannya dengan proyek ini sangat membantu, menurut Sutradara. Setelah terpilih untuk mengikuti The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, ia memenangkan Penghargaan British Independen Award untuk Never Let Me Go, sebuah adaptasi dari novel Kazuo Ishiguro pada tahun 2005, yang ia membintangi dan diriwayatkan dan dirilis di September 2010-bersaing dengan proyek lain nya, Oliver Stone yang mengarahkan film Wall Street: Money Never Sleeps. Yang terakhir ini, sekuel dari film tahun 1987, adalah tentang sebuah cerita keserakahan dan kekuasaan. Dia juga memberikan suaranya untuk lagu "Write About Love" ciptaan Belle & Sebastian.  Pada 2011, pembuatan naskah film thriller Drive disesuaikan guna mengakomodasi Mulligan sebagai Irene, yang awalnya ditulis sebagai wanita Latin berusia 20 tahunan.

Never Let Me Go
Wallstreet: Money Never Sleeps
Drive bersama Ryan Gosling
Shame
Carey mulai syuting Steve McQueen berjudul Shame bersama Michael Fassbender di New York pada bulan Januari 2011. Dia kemudian membintangi Broadway Through a Glass Darkly sejak 13 Mei 2011. Ia juga akan bermain dengan Leonardo DiCaprio dalam film di tahun 2012 sebuah adaptasi dari Nobel berjudul sama, The Great Gatsby memainkan peran Daisy Buchanan yang berpikiran dangkal. Proyek mendatang lain untuk dia termasuk peran utama dalam sebuah film adaptasi berjudul Inside Llewyn Davis yang direncanakan rilis pada 2013. 

The Great Gatsby
 Kehidupan pribadi
Carey & Marcus
Mulligan berkencan dengan  pemeran pendukung dalam Money Never Sleeps, Shia LaBeouf sejak Agustus 2009 sampai Oktober 2010, setelah diperkenalkan satu sama lain oleh sutradara film, Oliver Stone. "Anda bisa melihat chemistry diantara mereka segera, dan itu (terlihat) cukup kuat. Mereka benar-benar profesional di set, tapi tidak ada salah apa yang sedang terjadi", kenang Stone.

Kedua bintang tersebut tidak membahas hubungan mereka ke media, meskipun foto dari pasangan tersebut sering muncul di tabloid. Sejak saat itu Mulligan itu berhubungan dengan aktor Tom Sturridge dan Eddie Redmayne. Sekarang dia telah bertunangan dengan vokalis band Mumford & Sons, Marcus Mumford.



 


Filmography

  • Pride & Prejudice (2005)
  • Bleak House (2005)
  • The Amazing Mrs Pritchard (2006)
  • Trial & Retribution X: Sins of the Father (2006-2007)
  • Agatha Christie Marple: The Sittaford Mystery (TV) (2006)
  • And When Did You Last See Your Father? (2007)
  • Waking The Dead (2007)
  • Doctor Who (2007)
  • My Boy Jack (TV) (2007)
  • Northanger Abbey (TV) (2007)
  • Public Enemies (2009)
  • An Education (2009)
  • Brothers (2009)
  • The Greatest (2009)
  • Never Let Me Go (2010)
  • Wall Street: Money Never Sleeps (2010)
  • Drive (2011)
  • Shame (2011)
  • The Great Gatsby (2012)
  • Inside Llewyn Davis (2013)

Sumber: Istimewa

2 komentar:

  1. wow makin mantab juga ne blog... template dan kontennya. seeep..

    wow, bakalan main di the great gatsby? (adaptasi dari novel klasik amerika bukan ya?). apalagi kalau mainnya ma Di caprio... kayanya filmnya berkelas.

    BalasHapus
  2. halo huda!!

    100 buat huda. iya itu dari novel F. Scott Fitzgerald tahun 1925. prediksi nya sih bagus apalagi sutradaranya juga pernah buat Romeo+Juliet ama Moulin Rouge.

    thanks ya, berkaca pada template nya ruMah reView juga sih..hehe

    BalasHapus

Komentar Anda Mengenai Film Ini: