Wendy and Lucy


Merasa tak dapat tempat di rumah kakaknya, Wendy (Michelle williams) pergi bersama Lucy, anjingnya ke Alaska. Di tengah perjalanan, mobilnya mogok dan ia pun terdampar di Oregon. Jangankan sampai ke tujuan, beli bensin pun tak bisa akibat terhambat masalah uang. Saat mencuri makanan anjing, Wendy tertangkap dan dijebloskan ke penjara. Untungnya, ia dilepas setelah beberapa jam. Namun sialnya, Lucy sudah tidak tahu kemana. Wendy mulai mencoba untuk mempercayai orang lain dan dirinya sendiri lewat berbagai peristiwa saat kehilangan sahabat terdekatnya.

WenCy-O-Meter: 7/10
Why?

Melihat judulnya film ini bukanlah tipikal chick-flick mengenai dua gadis ABG yang berusaha mencari cinta. Wendy and Lucy juga bukan cerita bertema anjing yang ditujukan kepada penonton anak-anak dengan nuansa cute atau ceria. Filmnya bernuansa sendu dan gelap, dengan permainan one-woman-show yang dimainkan dengan sangat bagus oleh mantan tunangan Heath Ledger, Michelle Wlliams.

On the long road, friendship is everything
Tampil dengan rambut gelap, tanpa tata rias dan pakaian seadanya, Michelle hadir cemerlang seperti Charlize Theron yang juga rela tampil jelek dengan sukses di Monster. Ia bisa memerankan Wendy yang putus asa, kesepian, rapuh dan buntu dengan sangat meyakinkan. Sutradara Kelly Reichardt yang awalnya ragu akibat Michelle terlalu cantik sengaja menyuruhnya untuk tidak keramas selama dua minggu, dan terbukti berhasil. 

Selain akting Michelle, plot film yang minimalis justru bisa menggali emosi penonton dengan maksimal. Perasaan terasing dan empati bisa kita rasakan tanpa harus mendengarkan musik yang mendayu-dayu. Intinya film ini sukses berkat kekuatan akting pemeran utamanya. Barangkali jika Heath Ledger masih hidup, ia akan bangga bagaimana mantannya dengan imej yang manis, pirang, dengan peran-peran yang cenderung gampang, kini tak takut tampil jelek, kurus, terasing dan kesepian namun sukses menghidupkan perannya.


Sutradara: Kelly Reichardt
Penulis: Kelly Reichardt dan Jonathan Raymond
Cast; Michelle Williams, Wally Dalton, Will Oldham, Will Patton, John Robinson
Durasi: 80 Menit
Produksi: Field Guide Films, Film Science, Glass Eye Pix
Rilis: 2008

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: