Coraline

Gadis muda berambut biru, Coraline James (Dakota Fanning) bersama kedua orangtuanya (Teri Hatcher dan John Goodman) pindah ke sebuah mansion tua di Pink Palace Apartment di Ashland, Oregon. Suatu hari, Coraline menemukan pintu rahasia yang membawanya ke suatu tempat misterius. Coraline bertemu ibu dan ayah “asing” di dunia dengan nuansa mistis itu dan berinteraksi dengan tiga arwah anak-anak yang gentayangan.

Belakangan, Coraline sadar bahwa dirinya terjebak didunia dengan sejumlah karakter asing yang juga bayangan aslinya, termasuk bayangan tetangga barunya, Wybie (Robert Balley Jr.) si kucing hitam (Keith David) dan 2 saudari aneh (Jennifer Saunders dan Dawn French). Selain bertekad membebaskan 3 arwah yang disekap, Coraline harrus mengalahkan
tipu daya dan bala bantuan ibu asingnya agar lolos dari dunia lain tersebut selamanya.

Rank: 7.5/10
Why?

Be careful what you wish for
Dunia animasi bisa jadi akan diramaikan tipe sejenis Coraline yang lebih “gelap”, jauh dari kesan ceria maupun faktor-faktor yang biasa didagangkan DreamWorks maupun Pixar. Coraline lebih menyerupai karya Tim Burton, The Nightmare Before Christmas maupun James and the Giant Peach. Sementara temanya yang sedikit horor, rasanya mengingatkan kita pada Monster’s House yang masih layak disimak penenoton dewasa. Keistimewaan lain dari film ini adalah bentuknya yang diformat sebagai animasi 3D namun masih sangat bagus ketika ditonton dalam 2D sekalipun. Sang sutradara, Henry Selick, cukup berhasil mengadaptasi cerita pendek karya Neil Gaiman ini, termasuk dari sisi animasi stop-motion maupun penggarapan para karakernya.

Saking mulusnya, animasi Selick ini hampir mendekati kedigdayaan polesan CGI kendati tentunya masih terlihat beberapa kekurangan. Dengan btilian pula, Selick mengemas suasana Gothic sekaligus menguatkan imej seram sesuai kisahnya. Coraline memang bukan animasi biasa dan berani menanggung resiko bakal ditakuti anak-anak ketimbang dijejali di bisokop. Kendati demikian, Coraline menjawab keraguan itu dengan plot cerita yang bagus, pengisisan suara karakter terutama dari Fanning dan Hatcher yang memuaskan, serta tone-nya yang menyegarkan penonton setelah lelah dengan terlalu ambisisunya Wall-E, lelah dengna nangis ketawa di Kungfu Panda, dan lelah karena dibuat muak oleh kegaringan Madagascar 2.

Sutradara: Henry Selick
Cast: Dakota Fanning, Teri Hatcher, John Goodman, Robert Bailey Jr., Jennifer Saunders, Ian McShane, Keith David
Penulis: Henry Selick
Durasi: 100 Menit
Produksi: Focus Features, Laika Entertainment, Pandemonium
Rilis: 2009

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: