He’s Just Not That Into You

Tema cinta dan pencarian Mr. atau Mrs. Right tidak pernah lelah dibuat sebagai alur cerita film. Tidak seperti kisah percintaan biasa, He’s Just Not That Into You mengangkatnya dengan tebaran karakter dan persoalan disana-sini. Sebenarnya ini bukan resep baru, karena Love Actually pernah mengusungnya dengan indah dengan latar belakang Natal. Bahkan, film Indonesia berjudul Love juga ikut menyajikan berbagai macam rasa cinta lewat tokoh-tokoh yang diangkatnya. Kini, muncul deretan tokoh dengan masalah cintanya masing-masing yang dikaitkan lewat hubungan pertemanan tiga orang wanita yang bekerja di sebuah produk katalog.

Mengambil setting di kota Baltimore, kisah pertama dibuka dengan petualangan cinta yang penuh kesialan dari Gigi Haim (Ginnifer Goodwin). Copywriter ini selalu salah dalam menerjemahkan apa yang diinginkan pasangannya. Setelah ditolak oleh Conor Barry (Kevin Connoly), ia mulai berkencan dengan sahabat Conor, Alex (Justin Long). Teman kerja Gigi, Jastine Gunders (Jennifer Connelly) mengalami masalah rumah tangga. Suaminya, Ben (Bradley Cooper) tercium berselingkuh dengan seorang instruktur yoga, Anna Taylor (Scarlett Johansson). Anna sendiri sebenarnya tengah dekat dengan Conor, meski dirinya tidak mencintai pria ini.

Teman Gigi yang lain, Beth Bartlett (Jennifer Aniston) juga mengalami masalah percintaan mengambang bersama kekasihnya, Neil Jones (Ben Affleck). Setelah hidup bersama sekitar 7 tahun, Neil tak kunjung berniat untuk meminangnya ke pelaminan. Tidak hanya itu, Neil mulai memanfaatkan Beth tanpa berani melakukan sebuah komitmen. Seorang editor koran gay bernama Mary Harris (Drew Berrymore) yang tengah mempromosikan usaha Conor, memberikan nasihat kepada kedua sahabatnya, Janine dan Beth, tentang tips cinta dan kasih sayang. Lalu, siapa dari tokoh-tokoh ini yang mendapatkan pasangan paling cocok? Bukan sekedar cocok saat ini saja, tapi untuk selamanya.


Rating: 6.5/10
Why?

Film romansa ini diangkat dari sebuah buku motivasi diri berjudul sama karya Greg Behrendt dan Liz Tuccillo. Tajuknya sendiri diinspirasi dari sebuah dialog khas serial Sex and the City. Produser Drew Barrymore berhasil meyakinkan deretan bintang, seperti Jennifer Aniston, Jennifer Connelly, Scarlett Johansson, Ben Affleck, Bradley Cooper, Justin Long, Kevin Connolly hingga Kris Kristofferson untuk terlibat dalam drama ini. Dengna karakter yang sangat banyak seperti ini plus plot dan sub plot yang terus bergerak sama kuatnya, penulis naskah Abby Kohn dan Marc Silverstein tampak kerepotan untuk mengaturnya menjadi tontonan yang dapat dinikmati.


Jangan dibandingkan dengan Love Actually yang ringan dan sanggup membuat penontonnya tertawa dan terharu sama enaknya, film ini menjelma menjadi monster cerita penuh masalah yang sulit diikuti memasuki setengah jam berikutnya. Bahkan dibandingkan dengan Love yang notabene produksi anak bangsa,  He’s Just Not That Into You juga terlalu dalam mengungkap masalah tanpa bisa memberikan jalan keluar yang menyegarkan, khsa sebuah film romantis. Menjejalkan banyak tokoh dengan porsi peran yang hampir sama besarnya (seperti dalam film-film Alm. Robert Altman) juga sudah membuat kita kehilangan kendali, siapa protagonis asli yang harus kita pegang dalam film ini.


Ada kecenderungan film ini memang diperuntukan bagi mereka yang bermasalah serupa dengan yang ditampilkan tokoh-tokohnya dalam film ini. Jika kita penonton yang tidak terlibat secara langsung, kesan yang muncul adalah sebuah rengekan masalah demi masalah percintaan yang justru dapat membuat kita menjadi paranoid terhadap apa yang banyak orang masih agungkan dalam kekuatan cinta dan kasih sayang. Apalagi dengan rengekan masalah itu berlangsung selama dua jam lebih.

Hanya deretan para cast yang dapat membuat saya sedikit tertarik untuk menonton film ini.


Sutradara: Ken Kwapis
Penulis: Abby Kohn & Marc Silverstein
Cast: Ginnifer Goodwin, Jennifer Aniston, Jennifer Connelly, Scarlett Johansson, Ben Affleck, Justin Long, Kevin Connolly, Kris Kristofferson, Bradley Cooper
Studio: New Line Cinema
Budjet: $ 26 Juta
Durasi: 129 Menit
Rilis: 6 Februari 2009

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: