Midnight in Paris

Sebuah film komedi romantis tentang pasangan muda bernama Gil dan Inez yang berlibur ke Paris bersama orangtua Inez yang melakukan perjalanan bisnis. Gil yang berprofesi sebagai penulis novel memiliki keinginan untuk menetap di Paris. Sosok pria yang sulit bersosialisasi dengan orang asing-terutama dengan Paul. Sementara dialin pihak, calon istrinya Inez berkeberatan dengan keinginan Gil karena ia tidak ingin meninggalkan kehidupan Amerika dan Hollywood-nya.

Dalam suatu malam disaat Gil mabuk, sekumpulan orang mengajak ia masuk kedalam mobil klasik untuk ikut ke sebuah pesta. Alangkah kaget dan tidak percayanya Gil saat mengetahui ia bertemu dengan sosok penulis dan seniman macam Ernest Hemingway, Scott dan Zelda Fitzgerald, Gertrude Stein hingga Pablo Picasso.

Entah mimpi ataupun nyata, Gil mencoba meyakini kejadian yang dialaminya tersebut. Seolah mencari penjelasan, Gil kembali ke tempat ia bertemu dengan orang-orang yang mengajaknya semalam. Bel jam pun berdenting, dan woalaa.. ia kembali melihat mobil yang sama dengan yang dinaikinya kemarin malam.

Tanpa disangka ia bertemu dengan seorang wanita cantik, elegan dan cerdas bernama Adriana. Semakin Gil mengenalnya semakin kuat pula perasaannya kepada Adriana. Meski ia berencana menikah dengan Inez, Gil justru menemukan sosok wanita yang memahami dirinya akan "obsesi"nya pada kota Paris. Maka setiap malam hari, Gil selalu menuju tempat yang sama demi bertemu Adriana, dan yang paling penting Gil dapat memuaskan obsesinya untuk berada pada masa Renaissance di tahun 1920 tanpa memperdulikan lagi kehidupan nyata nya.

Sang calon mertua John, yang curiga dengan kelakuan Gil yang selalu meninggalkan mereka setiap malam menjelang dengan menyewa jasa detektif untuk mencari tahu kebenarannya. Namun sang detektif urung menemukan jawabannya karena ia terjebak kehidupan masa lampau tersebut.

Experiences than can change their lives
Orang-orang ini terlibat dalam keadaan penuh kebimbangan dan dipaksa untuk menerima ilusi bahwa kehidupan yang berbeda dari yang biasanya mereka jalani justru lebih baik dibanding kehidupan mereka masing-masing pada kenyataannya.

La'lun-O-Meter: 7.5/10
Why?

Film yang dipertunjukan di Cannes Film Festival 2011 ini diberikan kehormatan sebagai film pembuka dari ajang tersohor tiap tahunan ini. Beragam tanggapan atas film yang dikabarkan harusnya melakukan proses syuting pada tahun 2006 lalu namun terkendala akibat biayanya yang terbilang mahal.

Para kritikus agak lebih ramah terhadap Midnight in Paris daripada komentar mereka terhadap film-film Allen terdahulu. Variety menyebut komedi ini "daya tarik populis yang tak dapat ditolak". Adapun Daily Telegraph mengklaimnya sebagai "film terbaik Allen sejak Vicky Cristina Barcelona".(kompasinteraktif)

This is not a movie, this is a art
Seperti biasa, karya Woody allen itu selalu sangat "seni". Unsur hiburan tidak terlalu muncul tapi jika dilihat dari segi artistik dan plot, dia adalah salah satu maestro terbaik. Layaknya dalam film Vicky Cristina Barcelona dia menampilkan keindahan latar kota Paris dengan pemandangan alam, bangunan-bangunan tempo dulu serta lampu-lampu jalan yang menghiasi disetiap malam  ataupun hujan di siang hari menambah ke-romantisan kota "cinta" tersebut.

Deretan bintang yang berperan didalamnya pun sangat mumpuni. Sebut saja Michael Sheen, Marion Cotillard, Rachel McAdams, Kathy Bates, Adrien Brody hingga sang istri Presiden Prancis, Carla Bruni menjadi jaminan kualitas atas dari film yang berdurasi 100 menit ini. Pemilihan pemeran utama Owen Wilson menurut saya cukup berani dilakukan sang sutradara. Seperti kita ketahui, Owen adalah spesialis drama-komedi, sebuah perjudian besar tatkala film artistik diisi oleh dia. Namun setelah saya menyaksikan aksinya, membuat saya harus mengakui pilihan Woody sangat tepat.

Amiable scene
Anda mungkin akan bertanya-tanya dengan ending nya-saya sebenarnya sudah bisa menebak- yang menggantung khas Woody. Namun secara keseluruhan film ini pantas diganjar piala Oscar. Salah satu fakta menjadi alasan saya kenapa film ini berhak mendapat penghargaan, $55 juta berhasil diraup hingga 30 Oktober berdasarkan Imdb.com padahal jauh sekali dengan budjet awalnya yang sekitar $17 juta saja


Sutradara: Woody Allen
Penulis: Woody Allen
Bintang: Owen Wilson, Marion Cotillard, Rachel McAdams, Kathy Bates, Carla Bruni, Adrian Brody
Studio: Sony Pictures Classic
Budjet: $17 Juta
Rilis: 20 Mei 2011
Durasi: 100 Menit

0 comments:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: