Tips Memilih DVD Non-Original

Judulnya sih memang dvd meski labelnya non-original, namun tetap saja anda menginginkan tontonan yang berkualitas kan? At least nyaman untuk ukuran home cinema. Anda tidak ingin terganggu saat menonton film kan?! Memang sih anda hanya merogoh kocek 5000-6000 saja, tapi kalau anda kecewa dengan kualitasnya, apa tidak mubazir!! Mending uangnya buat beli rokok atau disumbangin. :)

Memang beberapa toko/penjual dvd di kota-kota besar memberitahukan dahulu mengenai kualitasnya. Tapi namanya tukang dagang, ya pasti ingin terjual barang dagangannya. Beberapa toko/penjual ada yang memberikan garansi tapi itu pun hanya untuk dvd yg tidak terbaca oleh playernya saja bukan karena kualitas gambar, suara ataupun teks/subtitle nya.

Permasalahan yang sering terjadi sehingga anda kecewa seperti kualitas gambar yang blur membuat mata anda minus, suara cempreng nan merusak speaker, atau mungkin teks nya yang bikin anda harus terjemahkan sendiri (yang akhirnya anda harus kehilangan moment beberapa saat) dan yang paling parah, ada tuyul muncul di bawah layar. heeeuuuuu... Capeeee!!!

Nah di bawah ini saya akan memberikan tips memilih dvd non-original yang dapat membuat nyaman mata dan telinga anda. 

1. Lihat label dvd nya. Biasanya ada di kiri atau kanan atas (indikator paling utama).


Beberapa Contoh label beserta penilaiannya:

Gambar-Suara-Teks Bagus

Gambar-Suara-Teks Bagus

Gambar-Suara-Teks Bagus

Gambar-Suara Buruk Teks tidak tepat

Gambar-Suara Bagus Teks Inggris Tepat


Gambar-Suara Bagus Teks Kurang Tepat


2. Jangan terpengaruh tulisan di belakang covernya yang sering menuliskan Subtitle language "bahasa". Seringnya teks "malay".

3. Jangan terjebak dengan cover yang bagus. Belum tentu isinya bagus pula.

4. Film-film yang rilis terbaru seringnya masih jelek. Gambar-suara-teks nya "ga banget"! Tempat penjualan nya akan menyimpannya di deretan "new release". jadi bersabarlah sekitar 1-2 bulan setelah rilis penayangan di bioskop.

5. Film seri/mini seri, lebih baik anda menunggu hingga rilis versi "bundle" nya. Apabila beli secara eceran (per episode) biasanya toko/penjual akan menyetopnya suatu saat dan mengeluarkan versi bundle, akhirnya mau tidak mau anda harus membeli 1 paket dari episode awal lagi (per season).

6. Jangan membeli kucing dalam karung. Lebih baik kalau dicoba!!

7. Saat dicoba, biasanya kalau awalnya ada tampilan "FBI warning", itu udah bagus gambar n suaranya + teks bhs inggrisnya udah tepat (bukan transletan kampungan)


8. Saat menu awal, tampilan nya berupa klip bukan gambar statis (tapi belakangan ini hal ini tidak terlalu berpengaruh).



9. Usahakan anda mencobanya secara random. Gunakan remote DVD Player-nya dengan menekan sembarang tombol 1-9, nah pilih aja. Karena biasanya dipermulaan film terlihat bagus tapi saat ditengah-tengah malah buruk/hang/tidak terbaca. Jangan hanya di fast forward saja!!

10. Saat mencoba teks/terjemahan nya, bila mengandalkan bahasa indo sih agak gambling. Biasanya translatornya (kadang) tidak memiliki niat untuk menerjemahkan (kadang muncul, kadang tidak, kalau pun muncul, tidak sinkron dengan dialog)

11.Andalkan teks/subtitle bahasa inggris . Tapi ini juga harus dicoba karena kadang tidak sinkron dengan dialog. Caranya, anda sambil mendengarkan suara dialog sekalian dengan menyaksikan teksnya, sesuai atau tidak.

12. Syukur-syukur anda "english expert" minimal pasif. Jadi tidak perlu ribet melihat teks teks. (Dengan catatan: kualitas suara nya harus bagus/terdengar jelas)

13. Apabila anda malas mencoba (karena harus ngantri), tanyakan saja pada penjual/pegawai di tempat toko langganan anda membeli dvd. Tapi saya tetap menyarankan untuk menyempatkan preview dulu (lebih baik ngantri daripada anda kecewa).

14. Last but not least, tanya bagus tidaknya ke teman anda yang sudah membeli film yang anda inginkan.

Well, thats it... Semoga berguna dan applicable ya. Tapi saya tidak menyarankan anda untuk membeli dvd non-original, kalau punya uang yang (ber)lebih, beli yg original saja.

ENJOY THE MOVIES!! 


Sumber: Riset utakatikfilm

2 komentar:

  1. tambahan nih gan, kalo untuk lebel dvd 9 kayaknya dah gak berlaku sekarang ini,,, karena banyak cover dvd yg sudah ada gambar dvd 9 tp dalemnya masih ancur bgt,,

    menurut w,, kalo mo beli dvd dengan kualitas original,
    1. lo harus sabar sekitar 1 bulan atau lebih
    2. beli di tempat langganan biar gak di tipu,,
    3. beli ditempat yg dvd nya bisa di coba....

    w kalo beli di tempat langganan biasanya beli 5 gratis 1.. hehehehehehe

    BalasHapus

Komentar Anda Mengenai Film Ini: