Limitless


Seorang penulis berjuang mengeluarkan seluruh potensi otaknya dengan menelan sebuah obat revolusioner, hanya untuk menemukan bahwa kemampuan barunya itu telah membuatnya menjadi target pembunuhan untuk beberapa orang yang rakus dan berbahaya di planet ini. Eddie Morra (Bradley Cooper) adalah seorang penulis yang belum menulis novel sama sekali. Tidak peduli seberapa keras ia mencoba, dia tidak bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis sepatah kata pun.

Namun, itu semua berubah ketika seorang teman lamanya datang ke kehidupan Eddie, dan membuka matanya terhadap suatu obat baru yang kuat disebut "NZT". Saat Eddie menelan "NZT", otaknya mulai berfungsi pada 100 persen, dia memiliki kemampuan untuk dengan cepat mengingat setiap peristiwa dalam hidupnya sampai ke detail yang paling kecil, mempelajari bahasa baru dalam sekejap, dan memanfaatkan kekuatan yang belum dimanfaatkan untuk menjelaskan rumus matematika yang rumit.

Tetapi ketika persediaan dari "NZT" Eddie habis, pesta itupun berakhir. Tentu saja, tidak butuh waktu Eddie lama untuk membuat perhatian di Wall Street, dan ketika dia melakukannya, ia menarik perhatian Carl Van Loon (Robert De Niro), salah satu pengusaha dunia yang paling kuat dan terkemuka. Dengan bantuan Eddie, rencana Carl untuk melakukan merger perusahaan yang kompleks dibantunya. Setelah akan segera diprakarsai, beberapa tokoh yang berbahaya mengetahui rahasia Eddie dan datang melalukan pemburuan. Tapi efek samping dari obat itu sangat membahayakan, Eddie bertahan menahan efek samping "NZT" yang cukup lama, ia bertahan hidup hanya untuk melihat hari esok.

Clever-O-Meter: 7/10
Why?

Kecerdasan bisa menjadi pemberian Tuhan. Hal ini juga dapat menjadi kesialan, terutama ketika anda kecanduan. Dalam Limitless, Bradley Cooper menemukan sebuah pil yang membuatnya menjadi orang paling cerdas di planet ini - dan menjerumuskan dia ke dalam banyak masalah. Mafia Rusia. Direktur keuangan yang licik. Kekasih yang marah. Beberapa kematian akibat penggunaan jangka panjang. Itu semua adalah gejala dari pil ajaib dan plot utama dari sutradara Neil Burger dan skenario Leslie Dixon yang dicampur adukkan dalam film ini.

What if a pill could make you rich and powerful?
Limitless memberikan hasil yang bagus, tapi tidak hebat. Ada banyak ramuan untuk mempertahankan hal-hal yang menarik, tapi film ini tidak memiliki keseimbangan yang tepat dari ramuan awalnya. Hasilnya: sebuah hiburan saja yang akhirnya kurang menyajikan skema thriller. Cooper, yang meroket menjadi terkenal dengan The Hangover, melakukan pekerjaan yang baik sebagai Eddie Morra. Eddie adalah tokoh yang tidak sempurna, tapi Cooper berhasil mengembangkan karakter yang cukup disukai dalam dirinya bagaimanapun juga.


Sangat kurang termanfaatkan peran dari Robert De Niro dan Abbie Cornish. De Niro digambarkan dalam cerita sebagai antagonis utama, namun pada kenyataannya ia bukanlah karakter penting ataupun orang jahat. Tujuan utama keterlibatannya tampaknya hanya menjadi "garnish". Adapun Cornish, dia tidak diberi banyak peran yang harus dilakukan di sisa film. 

 Namun demikian, Limitless adalah film menghibur yang memberi manfaat dari sebuah pemikiran yang (jika tidak masuk akal) pintar dan cepat.  Limitless adalah salah satu film di mana penonton yang tidak bisa memahami plot cerita akan berjuang untuk menikmatinya. Di sisi lain, penonton yang mampu menerima beberapa kemustahilan sebagai ganti untuk hiburan tak berakal jelas dalam film.


Sutradara: Neil Burger
Penulis: Leslie Dixon
Cast: Bradley Cooper, Robert De Niro, Abbie Cornish, Anna Friel, Tomas Arana
Durasi: 105 Menit
Produksi: Virgin Produced, Rogue Pictures & Relativity Media
Rilis:  18 Maret 2011


2 komentar:

  1. film nya bagus tapi........

    BalasHapus
  2. aku paling demen ama film ini ,,dah 2 kali kutonton ,,tapi masih mau lg ..

    BalasHapus

Komentar Anda Mengenai Film Ini: