Profil: Zooey Deschanel

Zooey Claire Deshanel (Zoh-ee-Day sha-Nel), lahir di Los Angeles, California, 17 Januari 1980, putri dari sinematografer/sutradara Caleb Deshanel dan aktris Mary Jo Deshanel. Berdarah campuran Perancis (dari kakek pihak ayah) dan Irlandia.  Pemberian namanya diambil dari Zooey Glass, aktor yang terkenal pada tahun 1961 yang bermain dalam novel JD Salinger Franny and Zooey. Kakaknya, Emily Deshanel, juga aktris dan bintang di serial TV Bones.

Masa Kecil
Zooey tinggal di Los Angeles, tetapi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya bepergian karena pekerjaan  ayahnya yang selalu syuting film di lain tempat, dia kemudian mengatakan bahwa dia membenci semua perjalanan tersebut. "Aku sangat senang sekarang karena aku punya banyak pengalaman, tapi pada saat itu aku begitu sengsara karena harus meninggalkan teman-teman di Los Angeles dan pergi ke tempat di mana tidak ada makanan dan hal-hal yang biasa kulakukan". Ia dibesarkan di Kanada, Yugoslavia, Inggris dan Afrika Selatan. Mengikuti pendidikan di sebuah sekolah persiapan swasta di Santa Monica, California, bernama Crossroads, di mana dia berteman dengan bintang masa depan Jake Gyllenhaal dan Kate Hudson. Dia mempunyai rencana untuk mengejar karir di musik teater. Hingga mengantarkannya masuk ke Northwestern University selama tujuh bulan sebelum akhirnya keluar untuk mengejar mimpinya sebagai seorang aktris.

                                Sering menjadi model foto                                       Sang Kakak yang selalu mendukungnya
Bersama Sang Sahabat Jake Gyllenhaal
Awal Karir
Zooey tampil sebagai bintang tamu di serial televisi Veronica’s Closet sebelum membuat debut filmnya pada tahun 1999 sebuah komedi Lawrence Kasdan Mumford, dan kemudian pada tahun yang sama dia muncul (bukan sebagai penyanyi) dalam video klip musik The Offspring untuk single "She’s Got Issues". Film keduanya, arahan sutradara Cameron Crowe dalam semi-otobiografi Almost Famous(2000), Zooey bermain sebagai Anita Miller, seorang kakak pemberontak. Film ini mendapat pujian, tetapi tidak sukses secara box office. Dia juga muncul di video musik klip Jimmy Fallon dalam lagu Idiot Boyfriend.

Mumford
Almost Famous
All Girls Real
Manic
Zooey memainkan peran pendukung dalam serangkaian film yang dibintanginya seperti Manic (2001), beradu akting dengan Don Cheadle dan Joseph Gordon-Levitt, lalu Big Trouble (2002), dengan Tim Allen dan Rene Russo, Abandon (2002) bersama Katie Holmes, Benjamin Bratt dan Melanie Lynskey, dan The Good Girl (2002) bersama Jennifer Aniston dan Jake Gyllenhaal. Kemudian muncul di Frasier, sebagai sepupu yang tidak terkontrol, Jen, di season 10 episode Kissing Cousin pada tahun 2002. Tahun itu, ia juga muncul dalam film The New Guy sebagai Nora, pemain gitar band Suburban Funk.

Acapkali menjadi Sampul Majalah Fashion
Pada akhir tahun 2002, The New York Times menulis bahwa Zooey adalah "salah satu bintang muda Hollywood yang paling dicari," dan Los Angeles Times menulis pada awal 2003, "her deadpan, sardonic and scene-stealing [film] performances" dalam beberapa perannya sebagai sahabat. keberatan dengan stereotipe tersebut, ia berkata," Banyak peran-peran ini hanya sebuah ide saja tentang menjadi sahabat seseorang, padahal aku tidak memiliki banyak teman Di sekolah. Aku tinggal di rumah sepanjang waktu, jadi aku tidak tahu bagaimana menjadi sahabat yang baik. "

Setelah menolak beberapa peran pendukung, Zooey memainkan peran pertamanya di All Girls Real (2003). Perannya sebagai Noel, seorang perawan 18 tahun yang penuh tanya yang kasmaran sehingga mengubah hidupnya tanpa tujuan di usia 22 tahun, menerima pujian, dan dinominasikan Independen Spirit for Best Actress. Kemudian pada tahun 2003, Zooey memainkan pegawai department store bersama Will Ferrell dalam komedi Elf, yang menjadi box office. 

Karir Menanjak
Pada tahun 2004, Zooey membintangi Eulogy, dan pada tahun 2005 sebagai Trillian dalam film adaptasi dari novel fiksi Douglas Adams The Hitchhiker's Guide to the Galaxy. Juga pada tahun yang sama, dia memainkan karakter utama, Reese Holden dalam film Winter Passing sebagai peran pendukung dari Will Ferrell
Saat Beradegan di Film Failure to Launch
Bridge to Terabitha
Zooey kemudian bermain sebagai teman sekamar Sarah Jessica Parker di Failure to Launch (2006), dan muncul pada empat episode dari serial televisi Weeds selama 2006-2007, bermain sebagai mantan kekasih Andy Botwin, Kat. Pada bulan September 2006, Variety mengumumkan bahwa Zooey akan bermain sebagai penyanyi ‘60an, The Gospel According to Janis, ditulis dan disutradarai oleh Penelope Spheeris. Zooey direncanakan untuk menyanyikan semua lagu Janis Joplin, Dan menghabiskan empat bulan berlatih menyanyi untuk menyamakan suara vokal Joplin. Film ini, dijadwalkan akan mulai syuting pada 13 November 2006, namun perilisannya ditunda tanpa batas waktu. Proyek yang sempat terkatung-katung akhirnya akan dirilis pada tahun 2012.

Tin Man
The Happening
Pada tahun 2007, Zooey muncul dalam dua film anak-anak: Bridge to Terabithia, di mana dia memainkan guru musik aneh Jesse, dan film animasi Surf's Up, di mana ia menyuarakan seekor penguin bernama Lani Aliikai. Dia memainkan DG, dalam miniseri Channel Sci Fi Tin Man, fiksi versi buku anak L. Frank Baum The Wonderful Wizard of Oz. Tin Man tayang pada bulan Desember 2007 di Channel Sci Fi. Zooey juga muncul dalam buku anak-anak Players in Pigtails. Pada tanggal 27 April 2008, ia tampil di The Simpsons, memainkan peran Maria, putri Cletus, dan pada bulan Juni tahun itu, ia bermain bersama Mark Wahlberg dalam film thriller yang kurang diterima publik karya M. Night Shyamalan, The Happening.
Bersama Joseph Gordon-Levitt

Your Highness
Pada tahun 2008, Zooey membintangi Gigantic, dan kemudian tahun itu dalam film komedi Yes Man, beradu akting dengan Jim Carrey. Zooey selanjutnya muncul sebagai tokoh judul dalam drama-komedi-romantis (500) Days of Summer, bersama Joseph Gordon-Levitt (untuk kedua kalinya setelah Manic). Film, yang mengisahkan tentang datang dan perginya suatu hubungan, disutradarai oleh Marc Webb. Film ini mendapat nominasi Golden Globe Award untuk Best Motion Picture (Comedy or Musical), tetapi akhirnya dikalahkan oleh The Hangover.

Pada Natal 2009 Zooey menjadi bintang tamu dalam episode dari Bones. Ini adalah pertama kalinya muncul bareng kakaknya, Emily Deschanel. Pada tahun 2010, Zooey mendapat peran Belladonna dalam film komedi fantasi Your Highness bersama Natalie Portman dan James Franco. Kemudian ia akan membintang seri HBO I’m with the Band:. Confessions of a Groupie, di mana ia memainkan peran Pamela Des Barres, yang menulis sebuah catatan berdasarkan pengalamannya sebagai mantan groupies serta akan muncul di seri Fox terbaru The New Girl, karya Elizabeth Meriwether.

Serial TV New Girl
Film yang Berhubungan dengan Musik 
Kerap bernyanyi dalam filmnya
She And Him proyek musiknya bersama M. Ward
The New Guy (2002) adalah yang pertama dari film Zooey di mana ia bernyanyi, dalam Elf ia bernyanyi dengan Will Ferrel dalam adegan mandi kamar mandi di "Baby, It's Cold Outside", dan juga bernyanyi di soundtrack dengan Leon Redbone. komposisi piano nya "Bittersuite" digunakan secara tematis dalam gelap, off-beat 2004 dramedy Winter Passing, di mana ia membintangi bersama Will Ferrell dan Ed Harris. Selanjutnya, Zooey juga bernyanyi di Winter Passing ("My Bonnie Lies Over Ocean"). Dalam film Yes Man, Zooey menyanyikan beberapa lagu yang ditampilkan dalam film dan soundtrack film, seperti "Uh-Huh" dan "Sweet Ballad" bersama kelompok punk Von Iva dalam band fiksi bernama "Munchausen by proxy."

Bersama sang mantan suami
Dalam soundtrack film (500) Days of Summer Zooey menyanyikan sebuah cover Please, Please, Please Let Me Get What I Want dari The Smiths. Marc Webb juga men-sutradarai Zooey dan Gordon-Levitt dalam sebuah video musik, lagu She & Him Why Do You Let Me Stay Here. Zooey juga bernyanyi dengan James Franco dalam film Your Highness serta muncul di beberapa lagu (dengan M. Ward) pada album soundtrack film yang rilis tahun 2011 dari film Winnie Pooh produksi Disney.

Berikut daftar film yang telah diperankannya:

Tahun
Proyek
Sebagai..
2011
New Girls
Jessica Day
2011
Natalie
2011
Your Highness
Belladonna
2009
Summer Finn
2008
Allison
2008
Harriet ‘Happy’ Lolly
2008
The Happening
Alma Moore
2007
Dorothy Evans
2007
Flakes
Miss Pussy Katz
2007
Bridge to Terabithia
Ms. Edmunds
2007
The Go-Getter
Kate
2007
The Good Life
Frances
2006
Live free or die
Cheryl
2006
Failure to Launch
Kit
2005
Once Upon a Mattress
Lady Larken
2005
Winter Passing
Reese Holden
2005
The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy
Trillian
2004
Eulogy
Kate Collins
2003
Elf
Jovie
2003
It’s Better to Be Wanted for Murder Than Not to Be Wanted at All
Gas Station Girl
2003
All the Real Girls
Noel
2003
Whatever We Do
Nikki
2002
The New Guy
Nora
2002
Big Trouble
Jenny Herk
2002
Abandon
Samantha Harper
2002
The Good Girl
Cheryl
2001
Manic
Tracy
2000
Almost Famous
Anita Miller
1999
Mumford
Nessa Watkins



Sumber: Istimewa

3 komentar:

Komentar Anda Mengenai Film Ini: